Sate Ayam dan Sate Kambing

Sate Ayam

20 September 2010

Kalau ada syukuran atau acara keluarga, keluarga kami biasanya bikin sate. Selain ngga ribet, rasanya enak dan orang-orang yang makan pada puas. Sabtu kemarin kami bikin sate ayam dan sate kambing.

Berikut ini resepnya:

Bahan-bahan:

  • 2 kg fillet dada ayam (kira2 4 fillet dada yang besar)
  • 1 kg fillet paha ayam (maryland fillet)
  • 1 bungkus bumbu sate (bumbu kacang)
  • 6 sdm kecap manis
  • tusuk sate

Cara membuat:

  1. Fillet ayam dipotong dadu kira2 1.5 cm x 1.5 x 1.5 cm. Fillet paha ayam (maryland) bikin sate ayam kenyal dan gurih. Sementara untuk yang ngga suka yang kenyal, fillet dada ayam sangat cocok. Enak, walaupun ngga  segurih maryland.
  2. Buat larutan bumbu kacang dengan cara menyeduh bumbu kacang dengan air panas secukupnya. Kalo masih susah melarutkan bumbu kacang, masukkan ke dalam microwave oven, panaskan kira-kira 1-2 menit.
  3. Marinade/rendam fillet ayam dengan bumbu kacang, simpan di lemari es dan biarkan semalaman.
  4. Sementara itu, tusuk sate juga direndam dengan air agak pas dibakar ngga hangus
  5. Setelah dimarinate, tusuk daging ayam kira2 5-6 potong tiap tusukan.
  6. Siapkan bakaran sate, oven dulu arangnya sampai panas. Cara lain: bakar pake spiritus.
  7. Bakar sate sampai daging matang. Daging ayam dioles ke piring berisi kecap manis, lalu dibakar.
  8. Hidangkan dengan bumbu kacang, kecap manis, jeruk nipis, dan acar

Bumbu kacang

Bahan-bahan:

  • 0.5 kg kacang tanah kupas, goreng
  • 10 siung bawang merah, kupas
  • 4 siung bawang putih, kupas
  • 100 ml santan kental
  • 5 buah cabe rawit
  • 6 sdm sambal oelek (chili garlic sauce)
  • 1 sdt garam
  • 75 gr gula merah, iris
  • 5 sdm kecap manis
  • 600 ml kaldu ayam (200 g Tulang ayam direbus dengan 1 L, ambil airnya)

Cara Membuat:

  1. Goreng kacang sampai matang dan berubah warna dengan api sedang, sisihkan. Keep an eye on it, hati2 gosong.
  2. Tumis bawang merah, bawang putih, cabe rawit sampai harum, sisihkan.
  3. Blender kacang dan bawang ditambah air kaldu sampai halus, tambahkan santan.
  4. Masukkan blenderan kacang ke dalam wajah, masak, aduk2..
  5. Tambahkan bumbu2 lainnya, gula merah, kecap manis, garam gula. Cicipi untuk koreksi rasa.

Sate Kambing

Untuk sate kambing, cara membuatnya sama aja, yang beda adalah bumbunya rendamannya.

Bahan-bahan:

2 kg daging kambing (lamb), potong dadu.

Bumbu rendaman:

  • 10 siung bawang putih, ulek sampai halus
  • 1 sdm garam
  • 50 gram mentega, cairkan
  • 15 sdm kecap manis
  • Bawang, mentega, dan kecap manis dicampur jadi satu, lalu rendam daging dengan bumbu tersebut semaleman. Baru ditusuk dan dibakar keesokan harinya. Saat dibakar, oles sate ke bumbu rendaman atau kecap manis lalu dibakar

Sambal Kecap:

  • 5 siung bawang merah, iris
  • 10 buah cabe rawit, iris, iris
  • 3 daun jeruk, iris
  • 1 cup kecap manis
  • Semua bahan dicampurkan.

2 thoughts on “Sate Ayam dan Sate Kambing

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s