Jalan-jalan ke Melbourne Museum

Kemarin bunda n affan jalan-jalan ke Melbourne Museum. Sebenernya karena tiap senin, bunda kebagian di rumah, daripada bosen ke library mulu, mending sekali2 jalan2 lagi ke Melbourne Museum. Untuk student n anak2, biaya masuknya gratis🙂, kalo yang lain bayar $8. Jadi cuman ngongkos metcard (tiket tram) doang kan, hehe.  

Melbourne museum ini terletak di Carlton Park dan di sebelah Royal Exhibition Building. Royal Exhibition Building ini dipake untuk tempat pameran2 international, misalnya International Flower & Garden Show tiap bulan April. Gedungnya historical banget, tamannya juga cukup rindang dan asri. Oiya, kami dari rumah naik tram 59 arah city trus naik city circle, jadi mesti jalan lewat Carlton Garden dulu. Sambil lewat, bunda foto2 pemandangannya deh..

Nah, pas sampai di museum, ternyata museumnya padaaat banget sama anak2 sekolah. Mungkin ada 10 bus lebih kali ya. Kakek2 dan nenek2 juga banyaak yang antri beli tiket. Mungkin karena ada show tentang A Day in Pompeii juga. Untung Affan lagi tidur di strollernya, jadi ngantri2 juga ngga papa.

Photo0184

Karena dah pernah ke museum sebelumnya, bunda tertuju ke komputer pertama di Australia pada tahun 1956. Gede banget! Walau sebelumnya udah pernah denger kalo komputer pertama memang besar, tapi baru kali ini melihat aslinya🙂. Komputer ini namanya CSIRAC. User mesti buat program sendiri, masukin data sendiri, dan nunggu selama berminggu2 untuk mendapatkan hasilnya. Hampir sama dengan cerita dosen teknik kimia dulu tentang komputer besar di PAU ITB.

Oiya, museum ini terbagi 5 bagian: Life & Science Section; Body, mind, and soul; rain forest; tentang aborigin, dan tentang Melbourne itu sendiri. Di bagian life & Science ada macam hewan, bugs, buterflies,ikan2, dinosaur, dll. Uniknya di museum ini, cerita tentang sesuatu kadang dilengkapi dengan video dan suara yang bagus. Misalnya, di bagian serangga, kita bisa membayangkan bagaimana lalat melihat dengan nonton video dari dalam mata lalat; gambar sekitar jadi terkotak2.

Photo0192

Di museum juga ada children’s gallery. Menampilkan hewan2 yang simple, tapi juga ada arena bermain seperti story telling, main pasir, main puzzle. Untuk anak2 kecil, bagus juga mengenalkan hewan2 seperti kangguru koala dan jerapah. Affan mencet tombol untuk salah satu hewan, dan akan terdengar suara hewan itu.

 

Pulang dari Melbourne museum, kami naik city circle lagi, turun di immigration museum. Sayang, di sini rata2 ngga boleh difoto, jadi ngga ada dokumentasinya deh. Immigration museum ini merecord perjalanan para imigran ke Australia, mulai dari Britain, Italy, Greece pada pasca perang dunia ke-2, sampai Somalia dan negara Timur Tengah pada tahun 1990an. Ternyata, awalnya para imigran datang karena di daerah asalnya ada bencara, seperti gempa bumi, perang, dll. Mereka datang ke Australia dengan harapan kehidupan yang lebih baik.

Pada awal 1900an, para imigran menempuh perjalanan laut hingga 80 hari. Di museum ada juga miniatur kapal laut; ada tempat tidur, tempat berkumpul untuk main kartu; wc yang ihh sangat jorok karena ngga ada sanitasi, dll. Makanya banyak juga imigran yang meninggal karena penyakit kolera. Setelah tahun 1950an, atau tahun 1970, imigran datang dengan kapal yang lebih baik, bahkan dengan pesawat. Kondisinya jauh lebih baik. So, tidak heran kalo melihat Melbourne terutama, sangat multikultural, multi etnik. Cukup nyaman juga untuk tinggal.

One thought on “Jalan-jalan ke Melbourne Museum

  1. Semoga dengan rajinnya bunda bawa Affan main ke tempat2 pendidikan seperti itu, bisa membuat Affan juga cepat belajar & menambah pengetahuan sehingga tambah cerdas.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s