Jadi Ibu Guru

Bulan Maret ini adalah bulan yang sibuk. Selain menyelesaikan research, saya sekarang jadi dosen untuk undergraduate student. Ngajarnya tentang Engineering Mathematics I, persis kayak gabungan matematika kelas 3 SMA dan dasar2 kalkulus I atau matematika teknik kalo di Indonesia. Kenapa jadi matematik? Soalnya saya tergabung di Center of Mathematics yang ngerjain mathematical modelling. Dan tempo hari supervisor menawarkan saya untuk jadi dosen karena kekurangan pengajar. Hm… ngajar student2 yang bule2 yang katanya budayanya lebih liberal n kadang ngga respek? Challenging juga nih.. Selain gajinya lumayan ^^, tentunya lumayan juga nambah2 pengalaman selama kuliah PhD. Jadilah sekarang jadi dosen. Tapi karena udah lamaaaa banget ngga nyentuh mata kuliah matematik, jadi waktu banyak terkuras untuk mengingat kembali. Mudah2an ini hanya awalnya aja.. lama2 mudah2an makin terbiasa dan makin bisa mengatur waktu. Amin.

Respon student? Alhamdulillah cukup bagus.. selain karena perbedaan bahasa dan istilah (ngga biasa aja bilang istilah matematik dalam bahasa inggris), n kadang grogi, tapi sepertinya bisa diterima para students. Kalo ada student yang ngobrol atau ngga respect, biasanya saya mengalihkan topik dengan ngajak mengerjakan soal misalnya.

Kabar research terakhir? Hm.. masih dalam progres nih. Ayo semangat Win! Sebenernya dengan adanya tugas ngajar, ngga boleh terlalu mengganggu research, karena waktu ngajar bisa aja dipake untuk manasin furnace (manasin furnace aja bisa take 2 hours) atau apapun yang berkaitan dengan experiment. Yang pasti mesti tetep keep motivated, seimbang antara ngajar n ngerjain research. Taun ini insyaAllah akan ke Adelaide, ikut Chemeca (chemical engineering conference) lagi. Mudah2an Mas Kariem dan Affan bisa ikutūüôā

Oiya,¬†alhamdulillah sekarang Affan dah masuk childcare, karena udah dapet keringanan dari pemerintah tentang child care benefit. Jadi, kalo seharinya¬†ke childcare bayar 80 dolar, sekarang cuman bayar 35 aja, plus nanti¬†tiap tiga bulan, uang yang kita keluarkan untuk childcare juga akan direbate (dibalikin) 50%nya. Asiiik,¬†jadi cuman bayar 25%nya aja bersihnya. Tapi Affan masih takut nih di childcare, mungkin karena suasana baru. Jadi¬†bawaannya nangis aja. Mudah2an lama2 ngga deh. Tapi jadi lebih pinter bahasa inggris, udah bilang yes..¬† no… this… pake logat Aussie dong, hehehe.¬†Mudah2an Affan makin settle di childcare, dapet teman banyak, pinter bersosialisasi.

One thought on “Jadi Ibu Guru

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s