Perkembangan Affan @ 2tahun 8bulan

Jadi ingin cerita tentang perkembangan Affan nih. Ngga kerasa Affan udah mau 3 tahun. Affan makin tinggi. Beratnya 11.5 kg dan tingginya 87 cm. Perkembangan yang paling terasa adalah lebih matangnya daya fikir dan emosi Affan. Alhasil, kalo bunda ngomong sesuatu mesti diturutin hehee… Misalnya, tempo hari bunda cerita kalo Ambu-nya Naila dan Naila udah pulang ke Melbourne dari Bandung. Beberapa bulan lalu memang Affan suka diasuh sama Ambu-nya Naila 2 hari seminggu. Rupanya walaupun dah ngga ketemu 2 bulan, Affan masih inget.. jadinya Affan nangis ingin ketemu Ambu Naila n Naila, ngga mau pergi ke sekolah. Pokoknya kalau bunda ngomong tentang sesuatu, Affan selalu dengerin dan jadi pengen. Kalo ngomong tentang lagu “Watermelon” (di sini ada lagu Watermelon, yang nyanyi Justine Clark. Lagunya tentang anak kecil yang suka buah2an), Affan langsung inget dan nyari watermelon (semangka). So, jangan nyanyi “Watermelon” kalo ngga ada semangka di kulkas rumah…

Tentang take care dirinya sendiri, Affan makin pintar juga. Pake baju mesti Affan yang milih, trus dah bisa pake baju, celana, sepatu, dan tas sendiri. Cuman pake popok yang ngga bisa, ya iya kan susah. Oiya, omong2 tentang popok, jadi inget toilet training… Sekarang Affan dah mulai toilet training walau setengah2. Asal2nya coba2 duduk di atas toilet yang ditambah dudukan dia yang lebih kecil dan empuk, trus tiba2 dia mulai ngeden n P*p*p. Akhirnya setelah itu, kalo sore hari ada tanda2 dia ngga nyaman pingin ngeden, langsung deh bunda dan ayah rush ke toilet, jadi Affan bisa menyelesaikannya di toilet. Dia pun senang soalnya lebih bersih n bersihinnya lebih mudah. Emang biasanya kalo dia p*p*pnya di popoknya, bunda bersihin Affan di luar rumah, pake keran yang dingin.

Anyway, apalagi ya… oiya rasanya di umur2 Affan sekarang ini, dia sangat terobsesi dengan teman2 laki2nya yang lebih tua. Beberapa kali Affan di ajak main di rumah teman2nya yang umurnya 5 atau 6 tahun. Anak laki2 seumur itu kan mainannya udah beda, kyk robot2an, Lego, Bakugan, Spiderman, dll. Jadinya Affan mulai suka deh sama mainan seperti itu.  But anyway, ngga pa apa juga sih, soalnya biasanya temen2 Affan itu perempuan semua, jadinya dia hampir terinspirasi sama mainannya anak2 perempuan. Sekarang Affan paling senang dengan mobil2an, helikopter, train2, dll.

Dari childcarenya, Affan juga belajar banyak lagu2 nursery rhymes. Kadang2 bunda juga ngajak Affan nyanyi lagu bahasa indonesia, sudah cukup banyak yang hafal. Alhamdulillah. Ngimbanginnya, sebelum tidur, Bunda dan Affan baca buku juz amma yang dibeli Ayah di Salman, ada gambar2 kartunnya dan asal muasalnya Surat. Sejauh ini baru AnNaas dan Al-Ikhlas aja yang hafal, sama AlFatihah sebagian. Duh, peer bundanya nih, bisa kecintaannya sama Islam juga sebanding dengan kesukaannya dengan mainan2 itu. Tapi, dari segi solat, Affan udah mulai ikut solat full untuk Magrib dan Isya, walaupun sambil liat sana sini, tapi dah ngikutin gerakan2 solat dari awal sampai akhir. Pas solat Idul Fitri dan Idul Adha tahun ini, Affan udah ikut barisan laki2 sama ayah, kata ayah sih ikut dari awal sampai akhir. Alhamdulillah…

Hm… apalagi ya. Paling eczemanya Affan aja yang flare up lagi. Ditambah sekarang Affan paling ngga suka kalo dikasih moisturiser/ointment n salep, jadi kulitnya makin jelek aja. Kalo gini, bunda yang mesti sabar dan persistent. Maaf ya Affan, walau sampai nangis2, akhirnya bunda tetep olesin salep dan moisturisernya di badan Affan. Mudah2an Affan cepat sembuh. Selain itu, habit yang lain adalah menyikat gigi. Susah banget bikin 2 kali sehari. Tapi sebisa mungkin gigi Affan harus bersih, biar ngga karies. Bunda lihat teman2 Affan mulai ada yang karies alias keropos. Jangan sampe deh, Amin.

Teman2 Affan yang seumuran mulai pada punya adik. Affan kapan ya punya punya adiknya🙂 ? Sebenernya sekarang waktu yang tepat untuk menambah adik Affan karena kalo kelamaan Affan bisa manja (sekarang pun mulai manja). Tapi bunda masih kuliah, ngajar, banyak banget kerjaannya. Nanti khawatir ngga kehandle. Kita sama2 berdoa sama Allah gimana yang terbaik aja. Sebenernya bunda ngga mengejar karier, tapi alangkah baiknya semua amanah yang dah diberikan, sebagai student, lecturer, dijalani dulu dengan baik.

Alhamdulillah Affan udah besar. Masih inget masa2 Affan bayi dulu, saat bunda ngga pede ngurus Affan, saat orang2 ngasih advice yang berbeda, saat ngerasa dijudge sana sini. Ternyata, mungkin sebagian hanya perasaan bunda aja. Walau benar bunda bisa belajar dari orang2 lain, namun bunda juga bisa mengasuh Affan dengan intuisi sendiri. Dan tentunya membesarkan Affan membuat bunda menjadi orang yang lebih baik lagi dalam perilaku.

2 thoughts on “Perkembangan Affan @ 2tahun 8bulan

  1. Alhamdulillah, Anak mamah udah jadi mamah lagi, artinya mamah skr jadi nenek. Memang benar, kalau ada masukan, meski berbeda-beda, ya ditampung aja, ga usah diskusi banyak atau nyangkal, ngabisin2 waktu, Tapi yang digunakan adalah intuisi kita saja, karena biasa benar. kan kasus per kasus berbeda.
    Satu hal, kita tdk usah cerewet mengatur anak jangan ini jangan itu, tapi perlihatkan dg contoh. Ini terasa lebih efektif. Selamat ya bun, selamat ya Affan, mudah2an di ultah Affan yg ke 3, nenek ada di Melbourne. Amien.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s