Affan mau 3 tahun

Tanggal 29 Maret nanti Affan sudah 3 tahun. Wah, ngga kerasa Affan sudah besar. Ngomongnya makin lancar, walau kadang2 pelafalannya ngga sempurna. InsyaAllah nanti ketemu speech pathologist lagi untuk konsultasi. Oiya, sekarang Affan dah mulai bener2 “sekolah”. Sekarang ruangan di childcare-nya bukan lagi di Toddler 1, tapi udah di Kindy, alias pre kindergarten. Pre-school mungkin istilahnya. Di kelas ini, lebih banyak kegiatan yang edukatif, seperti berhitung, mengenal huruf alphabeth, mengenal bentuk, melukis, meneliti alam (serangga, ikan, n binatang lainnya). Gambar2nya Affan juga mulai bervariasi, ngga hanya tentang “circle” aja. Affan udah bisa menggambar benda2 disekitarnya. Masih corat-coret memang, tapi bentuknya mulai terlihat. Alhamdulillah selama ini Affan betah dan nyaman di sekolahnya, udah ngga pernah nangis lagi kalo ditinggal pergi. Malah suka cium pipi bunda, trus bilang “bye bunda”, dan bergabung dengan teman2nya. Makannya pun banyak, biasanya 2-3 kali nambah. tidur siangnya sekitar 2-3 jam.

Kalau di rumah, Affan sekarang lagi seneng merangkai lego. Ternyata di skolahnya juga ada mainan lego, jadi Affan makin semangat main lego. Biasanya sebelum pulang ke rumah dia udah nagih makanan, jadi mesti nyiapin roti atau biskuit di mobil. Nanti pas makan malem dia ikut makan lagi sama kita. Oiya, udah beberapa bulan ini, kami suka webcam-an sama nenek, kakek dan tantenya di bandung. Seneng juga, dia jadi lebih mengenal keluarganya. Waktu bunda bilang kakek sakit, kakinya ngga bisa jalan, seminggu kemudian pas webcam-an Affan bilang ke kakek, “Kakek sakit?” dengan wajah yang empati gt. Trus kakeknya bilang Alhamdulillah udah sembuh, Affan.

Hal yang paling terlihat akhir2 ini adalah emosi Affan yang udah merasa jadi diri sendiri. Jadi, kalo bunda secara ngga sadar “ngerebut” haknya dia, dia marahnya minta ampun. Misalnya, suatu sore affan makan strawberry pake custard. Isinya belum habis, Affan udah sibuk main yang lain. Bunda tanya sama Affan, udah belum makannya? ngga dijawab. Trus karena masih ada, ya udah sebelum dicuci bunda makan satu strawberrynya. pas kebetulan Affan liat, dan jadinya Affan marah…”Bunda, stop it!! No!!”.. Waduh, bundanya dimarahin ni😀. Tapi emang bener juga, bukan berarti karena itu punya anak kita, kita bisa sewenang2. Karena kebiasaan dari Affan bayi, bunda menghandle apapun tentang Affan. Jadi sekarang, mulai dari beresin mainan, nyampoin rambut Affan, dll mesti bilang dulu dengan clear, kalo ngga dia merasa kena threat. Pelajaran yang bagus buat bunda sendiri.

Seminggu lagi Affan ulang tahun yang ketiga. Berhubung saat itu Affan sekolah, jadi akan dirayain kecil2an di sekolah. Nanti dirayain juga sama keluarga arisan tennis.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s