Suasana Baru

Karena satu dan lain hal, sekarang saya ngga pergi ke kampus. Berhubung thesis masih belum selesai, maka hari2 tetep diisi dengan menulis tesis di rumah. Beberapa minggu lalu saya sampe beli meja belajar baru, soalnya meja belajar cuman satu, dan itu pun dipake ayah. Meja belajar saya ada di ruang keluarga, sebelahan sama tempat bermain Affan. Kalo meja belajar ayah ada di kamar.

Ternyata, belajar di rumah itu sangat challenging! Memang sih ada beberapa keuntungan. Pertama, ngga perlu siap2 n ngehemat waktu perjalanan yang kira2 bisa 2 jam tiap hari. Kedua bisa sambil masak, misalnya rebus daging, atau masak yang bisa ditinggal. Nah, challengesnya itu… mesti disiplin! Kalo di rumah, liat berantakan rasanya malah jadi ingin beres2 aja, belum lagi cucian menumpuk, piring2 kotor di dapur. Akibatnya ngga efektif. Beda kali ya ibu2 sama bapak2. Kalo bapak2 mah mau rumah berantakan kayak apa juga, tetep we bisa konsentrasi. Si ayah ini udah 3-4 bulan terakhir konsisten belajar di rumah, nulis tesis n simulasi. Kalo saya, banyak gangguan!!! Belum lagi winter ini dingin sekali, cuman 7 – 9 derajat aja. Apalagi di rumah ngga ada heater atau ac… jadi dinginnya kerasa banget.

Akhirnya, saya memutuskan tetep pergi dari rumah kalo untuk nulis tesis. Pilihannya ada di North Melbourne Library. Library ini merupakan library lokal, isi bukunya ada anak2, bacaan2 populer, masakan, hobi, koran dan majalah. Namun, di library ini juga ada hotspot gratis n colokan listrik, mantep banget untuk belajar. Jadi sekarang, ritme nulis tesisnya, pagi2 dari jam6 pagi sampe jam9 pagi di rumah, trus Affan bangun, sarapan, n anter ke sekolah, trus saya ke library deh nulis tesis. Sore2, baru pulang… Bismillah deh, mudah2an lebih efektif !

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s