Eczema dan Healthy Skin Diet

Cuaca di Melbourne, Australia yang dingin dan kering, dengan kelembapan udara kurang dari 50% relatif ini membuat kulit2 kami rentan banget terhadap eczema (inflamasi kulit). Sebelumnya hanya Affan aja yang kena eczema dari bayi. Nah sekarang bunda yang kena, mungkin dipicu karena stress dan udara yang kering juga. Kena ezema ini susah2 gampang. Kadang karena ngga aware sama apa yang dimakan, tiba2 eczemanya kambuh. Jadi mesti disiplin nulis makan apa aja, atau keadaan cuaca n pake baju aja, sehingga kalo tiba2 eczemanya kambuh, kita bisa tau apa pemacunya.

Perawatan eczema ini meliputi 2 hal: yang pertama menjaga kelembapan kulit dengan heavy ointment,yaitu 50% light parafin & 50% heavy parafin oil. Sangat greasy (berminyak), tapi cukup ampuh untuk bikin kulit kering jadi lembut dan lembap lagi. Yang kedua adalah mengoleskan salep cortisteroid, untuk mengurangi inflamasi kalo kulit dah kering, pecah, bahkan terinfeksi. Salep ini cukup efektif, tapi kalo ngga dijaga kulitnya, lama2 eczema bisa datang lagi dari ajdi ketergantungan dengan salep ini. Ketergantungan ini gak bagus karena ada efek samping dari pemakaian salep yang berkepanjangan. Kulit jadi lebih tipis dan rentan penuaan.

Sekarang cara yang ditempuh bunda untuk mengurangi eczema sebisa mungkin menghindari salep kalo ngga perlu2 banget, dan dimulai dengan makan makanan yg sehat yang bermanfaat bagi kulit. Cara ini tidak langsung dan efeknya ngga kan instant, tapi mudah2an akan lebih baik buat kami di masa depan.

Ini nutrisi yang diperlukan kulit:
– Vitamin A (retinol) : wortel, fish oil, dairy product, dan ati ayam/sapi.
– Vitamin E (tocopherol): kacang almond, tauge, hazelnut, broccoli
– Zinc, diperlukan untuk meningkatkan sistem imun. Ada di dalam telur, seafood, whole grain (roti gandum whole grain, beras merah/coklat), jamur.
– Selenium, diperlukan untuk mengurangi kerusakan kulit karena sinar ultraviolet. Sumbernya ada di tuna, wijen, kacang2an, brocoli, dan jamur.
Suplement tambahan:
– Chlorophyll. Ada di sayur2an. Tapi ada juga dalam bentuk cairan dijual di apotik. MInumnya 2 sdt dilarutkan dalam 1 gelas air. Diminum 2 kali sehari, baru bangun tidur dan siang hari. Chlorophyll drink ini mirip es cingcau kalo saya bilang. Beruntunglah teman2 di Bandung yang bisa menikmati es cingcau, bergizi ternyata🙂
– Apple Cider Vinegar (Cuka Apel). Minum 2 sdt dilarutkan dalam 1 gelas air, 1x sehari. Abis itu mesti langsung sikat gigi, karena bisa merusak enamel gigi.
– Flax seed oil. Flaxseed oil ini kaya akan omega 3, 6, dan 9. Bisa mengurangi inflamasi pada kulit. Kalo ngga makan ikan laut, saya minum supplement ini.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s