Nasi Kuning Spesial

nasi kuning

15 October 2009

Ngga tau kenapa nih kemaren jadi pengen makan nasi kuning. Bosen kali yah nasi putih terus. Pulang kantor, sibuk2 dikit di dapur sekitar 1 jam, sambil direcokin sama Affan yang pengen ikutan bantuin bunda masak, semuanya simultan, jadi deh deh nasi kuning beserta teman2nya🙂. Mudah juga ternyata membuatnya, ngga ribet. Dan bisa buat bekal makan siang hari ini deh!

Pertama bikin siapkan beras dan bumbu2 nasi kuning, lalu masak nasi di rice cooker. Sambil itu, ungkep ayam. Baru dadar telur, ngulek bumbu2 untuk bikin urap, dan rebus/kukus sayurnya.

Nasi Kuning

  • 3 cup beras, cuci sekali
  • 400 ml santan kaleng
  • 1.5 sdt garlic powder (atau 3 siung bawang putih dihaluskan)
  • 2 sdt kunyit bubuk
  • 1 sdt ketumbar bubuk
  • 2 lembar daun salam
  • 3 lembar daun jeruk
  • 2 potong lengkuas
  • 1/2 serai, geprek
  • air secukupnya (kira2 untuk bikin nasi)

Campur semua jadi satu di dalam rice cooker, masak sampe matang. Setelah jadi nasi kuning, kukus sebentar sebelum dihidangkan kalau mau biar lebih pulen.

Telur Dadar

  • 2 telur
  • 1/2 sdt garam
  • 2 sdm air
  • 1 sdm minyak goreng

Telur dikocok, tambah garam dan air. Panaskan minyak di wajan, lalu buat telur dadar tipis2.

Ayam Goreng

Kebetulan untuk ini saya bikin pake bumbu kokita ^^. Kalo ngga pun ada resep ayam goreng di bagian “resep nasi timbel”, ayam diungkep dengan bumbu2 sampai air habis, lalu digoreng kering dengan minyak panas.

Urap

  • 3-4 cabe merah besar
  • 4 siung bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • 1.5 sdt kencur bubuk
  • 2 sdt garam
  • 1.5 sdt gula pasir
  • 200 g kelapa parut kering
  • Sayuran: tauge, kangkung, kol, potong2, kukus/rebus

Bumbu2 (kecuali kelapa) diulek halus, lalu tumis dengan sedikit minyak di wajan. Kalau sudah harus, masukkan kelapa dan sangrai sampai wangi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s