Pasta Saus Bolognese

Pulang kuliah, ayah n bunda udah laper, tapi belum masak. Bikin apa yang gampang n enak? Hm.. kayaknya spaghetti deh. Tapi berhubung di pantry ngga ada spaghetti, adanya pasta jenis penne, yo wis sama aja lah rasanya. Karena ngga punya daging cincang, n kebetulan masih punya corned beef, enak juga ternyata pake corned beef. Bisa buat makan Affan juga, tapi messy kemana2 karena pastanya malah dimainin😀

spaghetti

 

Waktu memasak n Persiapan: 20 menit

Bahan:

  • 200 g pasta penne (atau spaghetti)
  • 200 g corned beef (atau daging cincang)
  • 1/2 bawang bombay
  • 3 siung bawang putih
  • 2 sdm tomato paste –> (idealnya: 1 sdm tomato paste n 200 ml saus bolognese) 
  • 50 ml air, kalo pake tomato paste saja
  • 150 g mushroom
  • 1/2 sdt garam
  • 2 sdm gula
  • 1 sdt herbs (oregano, basil)
  • 50 gr keju cheddar untuk taburan
  • 1 sdm margarine untuk menumis

Cara membuat:

  • Rebus pasta dengan 2 L air mendidih, ditambah sedikit garam n minyak goreng/olive oil selama 15 menit (atau menurut petunjuk di kemasan).
  • Sementara itu, cincang bawang bombay n bawang putih. Iris mushroom.
  • Panaskan wajan, masukkan margarine, tumis bawang putih kemudian bawang bombay sampai harum dan layu.
  • Masukkan corned beef, aduk2. Untuk daging cincang, masukkan n masak sampai matang.
  • Tambahkan tomato paste, n air kalau terlalu kental.
  • Masukkan mushroom, masak hingga matang. Tambahkan garam, gula, n herbs.
  • Setelah pasta empuk n al dente, saring, sisihkan.
  • Tata pasta di piring. Tambahkan saus bolognese di atasnya, n taburi keju. Microwave selama 40 detik agar kejunya melting.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s