Soto Bandung Lengkap

26 July 2010

Malem ini dingiin banget. Di perjalanan pulang masih belum kepikiran mau masak apa. Jadi keinget kata Mamah, yang nelpon minggu lalu dan bilang lagi bikin soto bandung. Mm… bikin soto bandung enak juga kali yaa.. Kalo saya termasuk yang gak suka daging pake lemak/gajihnya, jadi pake daging biasa (topside) yang dah dipotong dadu.

Bahan-bahan:

  • 500 g daging sapi, rebus
  • 1-2 buah lobak, kupas, iris 0.5 cm
  • 2 lembar daun salam
  • 1 potong lengkuas
  • 1 buah tomat, potong 6 bagian
  • 1/2 bawang bombay iris tipis (lagi gak punya bawang merah, bawang merah lebih baik)
  • 2 siung bawang putih iris tipis
  • 2 sdm rice bran oil (atau minyak goreng).
  • 2 batang daun bawang, iris tipis
  • garam, gula, merica

Cara membuat:

  1. Daging direbus dengan 3 L air mendidih, kalo dah mendidih, buang bagian buih yang mengapung agar kuah menjadi jernih
  2. Masukkan serai, daun salam, dan lengkuas ke rebusan. Masukkan pula lobak.
  3. Tumis bawang2an (bombay, bawang putih, daun bawang) dengan minyak sampai harum.
  4. Masukkan ke tumisan ke dalam panci rebusan.
  5. Masak sampai daging empuk dan lobak matang. Tambahkan tomat, garam, merica, dan gula secukupnya. Kira2 1.5 sdt garam, 0.5 sdt gula, 1 sdt merica
  6. Hidangkan dengan kacang kedelai goreng dan perkedel kentang.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s