Tips Memasak di Dapur

fruits-pictureSebenernya saya bukan orang yang pinter ataupun jago masak. Masak pun kadang suka kurang ini itu, perfect mah ngga pokoknya. Namun, berhubung di sini mah ngga ada yang bantuin, ngga ada warteg, dan kangen dengan masakan indonesia, jadilah dipaksain masak, n jadi hobi akhirnya.

Ada beberapa tips yang lumayan sukses ketika dijalankan, berdasarkan pengalaman sendiri..

  • Dimulai dengan niat n cinta. Halah bahasanyaūüėÄ. Tapi bener juga loh, soalnya si ayah nih bisa tau kalo bunda masaknya niat apa ngga. Kalo masaknya karena cuman ngga ada lauk, trus ayah bilang gini, “Dek, ngga niat ya masaknya..” Jedug, ketauan deh.. So, kalo lagi males, mending diniatin dulu, nanti ide bakal keluar.
  • Rencananya menu yang akan dimasak selama seminggu. Pasti ngga kan bisa special kayak yang di buku2 tata boga itu kan, apalagi kalo bekerja full-time. Minimal rencanakan kira2nya mau bikin lauk daging apa n sayurannya dalam seminggu itu. Satu masakan idealnya bisa dimakan 2-3 kali. Kalo lebih, nanti bosen sendiri.
  • Contoh menu seminggu kasarnya misalnya: minggu ini mau bikin ayam goreng, rawon, udang goreng tepung. Sayurnya: tumis jamur, capcay, sayur sop, tempe tahu goreng. Kalau saya sih termasuk agak ribet kalo menunya dipatok per hari, soalnya kalo tengah minggu yang sibuk gitu kan bisa aja ngga ada waktu untuk masak.
  • Setelah planning kira2 mau masak apa aja, list belanjaan, ke toko daging halal, ke pasar, ke toko indonesia. Dengan list belanjaan, nanti deviasi beli ini beli itu-nya akan mengecil. Perkirakan juga kalo belanja, sayuran jangan lebih dari 1 minggu (kalo wortel, kentang, 2 minggu lah maksimal). Kalo ngga nanti busuk sendiri sebelum dimasak.
  • Oiya,¬†sebaiknya di pantry dapur, bumbu dasar mesti selalu ada. Kalo yang tinggal di¬†LN¬†misalnya, biasanya mesti ada: garam, merica, gula, gula merah, kecap manis, kecap asin, saus tiram, kecap ikan, minyak wijen,¬†kecap inggris, saus tomat, saus hoisin, sambel ulek. Trus rempah yang penting: daun salam, daun¬†jeruk,¬†kemiri, ketumbar, pala bubuk, bubuk herbs, sereh, bawang merah bawang putih tentunya, dll. ¬†
  • Kalo memasak pas weekdays, menurut pengalaman, mending yang gampang aja. Maksimal 30 menit lah. Kalo mau goreng ayam misalnya, ayamnya diungkep malem sebelumnya, jadi pas sebelum makan malam tinggal digoreng aja. Bikin empal gepuk juga sama, bikin daging rebus n rendaman semalam sebelumnya, jadi tinggal digoreng.
  • Sediakan juga masakan siap saji, tapi jangan terlalu sering ya.. Kalau2 aja males masak tapi belum makan malem. Misalnya nugget ayam, udang goreng, fish tofu, bakso ikan, bakso udang, dll. Pake bumbu jadi juga boleh aja, asal jangan keseringan, dan liat ada MSGnya apa ngga, lebih baik kan jangan pake MSG.
  • Ketika masak nih, perkirakan siapa yang mau makan, n bosen ngga-nya kalo disajikan untuk lebih dari satu kali makan. Kalo yang mau kan cuman kita¬†n suaminya, jangan banyak2 bikinnya. Kalo banyak, daripada nanti bosen dan ngga dimakan, ada baiknya dikirim aja ke tetangga sebelahūüėČ.
  • Untuk sarapan, biar ngga ribet, makan aja karbohidrat yang bukan nasi, kayak oatmeal, coco crunch, toasted bread, n segelas susu. Sekalian bisa dimakan di jalan juga kalo buru2!
  • Kalo udah ada toddler, lebih dari satu taun, kayak Affan ni, sebaiknya masak yang rada plain rasanya. Susah sih yah, masakan indonesia full of flavour. At least kalo ayam goreng misalnya, kasi daging bagian dalamnya aja. Atau pisahkan sedikit untuk porsi si kecil, baru ditambahkan garam n gula.
  • Sebagai treat, boleh lah makan di luar, di restoran. tapi dipatok aja, misalnya sekali atau 2 kali seminggu. Biasanya kita suka beli KFC yang halal deket rumah (Flemington), atau McD yang halal di East Brunswick, masakan Indonesia di Garuda Kitchen, Swinburne Uni, atau di Es teler 77. Ngga sering2 kok, nguras isi kantong bo..

Poin2 di atas cuman berdasarkan pengalaman aja. We’re just ordinary people. Tapi pengen juga masak kayak ibu2 yang pinter masak n punya blog masak yang bagus dan keren2. Kalo ada yang mau ditanya, mangga silakan aja. Semoga bermanfaat.

2 thoughts on “Tips Memasak di Dapur

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s