Happy Playing

4 November 2009

Untuk anak balita, bermain merupakan aktivitas yang penting. Kalo kita ingat masa kecil dulu, apa coba yang paling berkesan? Salah satunya adalah bermain dengan teman-teman. Kalo waktu jaman saya kecil, main dengan teman2 masih berupa mengumpulkan daun2an, masak2an, bermain di lapang, dll. Nah, untuk anak  jaman sekarang, kesempatan anak untuk bermain dan mengeksplore makin kecil.

Apa manfaat bermain untuk balita? diantaranya adalah mengeksplore kemampuan motoriknya. Mainannya bisa macam. Contoh tipe permainan untuk toddler untuk 1.5 tahun misalnya:

  • bermain air, bermain pasir. Belajar menuangkan air dari satu kontainer ke ember, dll. Nah, ibu2 mungkin bilang, nanti masuk angin dong. Yup, ngga sering2 dong main airnya. Sambil disupervisi, beri waktu (jangan terlalu lama), biarkan anak bermain air dan bereksplore.
  • menggambar, corat-coret. Beri spot khusus untuk menggambar, misalnya menggambar hanya boleh di atas kertas atau white board sedari awal. Dengan demikian anak tidak akan mencorat-coret di tempat yang lain. Anak juga akan belajar membuka -menutup spidol, memasukkan spidol ke dalam kontainer. Bunda bisa memberi contoh gambar, garis, kurva, dll, jadi anak bisa mengikuti.
  • bermain di playground. Kesempatan yang bagus kalo punya rumah dekat dengan playground. Anak bisa belajar memanjat, melewati jembatan (melatih tidak takut dengan ketinggian), berhitung, dll. Biasanya playground sudah didesain untuk anak2 dengan safetynya. Tapi jangan lupa untuk mensupervisi anak ya.
  • bermain “pretending”. Pretending ini sama dengan mainan waktu kita kecil, seperti memberi makan boneka, masak2an, pura2 jadi fireman, postman, dll. Bahkan si kecil bisa loh dilibatkan dengan persiapan memasak/membuat kue, misalnya beri kesempatan anak untuk mengaduk adonan atau menaburkan coklat chips di atas adonan.
  • bermain building block. Bermain lego untuk anak batita bagus untuk kreatifitas, tapi hati2 aja jangan ada small parts-nya, check mainan khusus untuk di bawah 3 tahun.
  • bermain dengan teman-teman. Toddler (batita) sudah menyukai bermain dengan teman yang lain walaupun masih suka rebutan barang (masih egois). walaupun begitu, bermain dengan yang lain justru lebih banyak keuntungannya. Anak belajar berjiwa sosial, untuk sharing mainannya dan saling membantu.

Ada program yang bagus juga di ABC (Australian Broadcasting Corporation), yaitu PlaySchool, program untuk anak2. Dalam tayangan setengah jam itu, ada beberapa permainan, dancing, singing, bahkan story telling untuk anak dan resep2 praktis untuk membuat makanan dan snack. Tayangan yang sangat edukatif menurut saya.

Intinya, untuk anak balita, bermain berarti belajar juga, jadi jangan bosen untuk meluangkan waktu untuk bermain dengan anak. Memang adakalanya anak bisa main sendiri, tapi sebenernya anak pasti lebih senang bermain bersama bunda, karena bisa bertanya bila tidak tahu, atau anak bisa show off apa yang dia bisa ke bundanya.

Happy Playing!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s