Rahasia Tetep Makan Enak di Hari Kerja

7 Januari 2010

Seringkali kalo udah hari rabu atau kamis, semangat masak udah mulai menurun. Bukan ngga pengen masak, pulang ke rumah biasanya udah menjelang malam, kalo masak kan bisa sampai 1 jam, habis deh waktu. Kasian anak yang minta perhatian sama bundanya kalo kami baru pulang. Alhasil, masakan untuk makan malem pas tengah2 minggu/hari kerja ngga bervariasi, ujung2nya.. pasta or spaghetti, mie, atau goreng2an yang cepat saji.

Then, I found the the ways to beat that problems!!! Mau tau apa, hehehe.. ada beberapa poin ni…

  • Intinya be prepared! Pulang kerja/kuliah jam 6-7 malam artinya badan dah capek. Ada anak juga yang pengen diajak main n diperhatiin. Jadi, siapkan hal2 yang bisa dilakukan pagi harinya, misalnya masak nasi, goreng kerupuk pas weekend, kalo mau bikin masakan dari ayam/daging, di defrost dulu (dikeluarkan dari freezer malamnya, masukkan ke dalam kulkas. esok sorenya, daging/ayam bisa langsung diolah).
  • Siapkan selalu bahan2 untuk breakfast sekitar 3-4 macem biar ngga bosen. Misalnya, ada roti, cereal, oat, + buah2nya. Jadi pagi2 dah bisa makan pagi, ngga usah pake masak2an dulu.
  • Saat setelah masak sayuran yang butuh banyak steps, misalnya capcay, tumis2an, sayur mayur etc, dinginkan masakan dan sebagian masukkan ke dalam plastik/ freezer bag. Kalo masak capcay hari senin misalnya, masukkan sebagian ke dalam freezer. Kalo udah ngga bosen, untuk hari kamis misalnya, frozen foods tadi bisa tinggal dihangatkan di microwave, dan dinner ready in few minutes!
  • Saat belanja mingguan, pikirkan betul2 apa menu yang feasible bisa dilakukan untuk seminggu atau dua minggu ke depan. Jangan lupa berikut bumbu2nya. Dan belanja hanya yang ada di dalam list. Dengan belanja cuman seminggu sekali dan well prepared, kita akan mengurangi ‘excess2’ belanja yang ngga perlu.
  • Kalo liat di katalog supermarket ada sayuran, seafoods, or frozen foods yg lagi diskon besar, boleh juga tuh langsung dibeli🙂. Tentunya dengan mempertimbangkan bisa diolah ngga masakannya itu. Misalnya beli mushroom harga diskon $6 biasanya $10 per kg, tapi kalo ngga sempat ngolah sampe mushroomnya jelek ya sama aja dong.
  • Saat weekends, saatnya masak yang enak2. Iya ngga, hehe.. Nah, masak skalian banyak, double misalnya, jadi sisihkan masakan yang setengah diolah di dalam kulkas. Contoh: ayam yang dah diungkep, daging gepuk yang dah dibumbui, ikan yg dah dibersihkan n dibumbui (tapi masukkan dalam kontainer tertutup ya biar ngga bau kulkas jadi campur2). Dan pas weekdays, tinggal goreng deh!! Horee….

Intinya, plan the cooking, cari resep yang enak dan mudah, n bikin frozen foods sendiri. It works!!!

happy cooking working mum!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s