Telur Balado

Kebetulan kemaren masak telur balado dan suami bilang enak🙂. Tapi udah keburu dimakan tea, jadi ngga ada fotonya. Biar mudah diinget dan bisa masak lagi, ditulis deh resepnya. Oiya, karena kebetulan di kulkas lagi ada baso ikan, sekalian aja ditambahin. Paduan telur n baso ikan ok juga ternyata. Kalo ditambah serai/sereh akan lebih enak dan harum. Di resep ini, ngga berani nambahin cabe rawit, takut kepedesan :p, tapi kalo mau sih boleh aja 1-2 buah.

Bahan-bahan:

  • 6 butir telur
  • 10 butir baso ikan (fish ball, beli di asian grocery)
  • 5 buah cabe merah besar
  • 1/2 buah tomat
  • 5 siung bawang merah/shallot (shallot di sini 2 kali siung bawang merah di bandung)
  • 4 siung bawang putih
  • 1 sdt garam
  • 2 sdm gula pasir
  • Minyak goreng
  • 50 ml santan kental
  • 1/2 sdt merica
  • 1/2 sdt lengkuas bubuk
  • 3 lembar daun salam

Cara membuat:

  1. Telur direbus dengan air mendidih selama 20 menit. Angkat, biarkan dingin atau siram dengan air dingin. Kuliat telur dipukul2 sampai semua retak2, baru dikupas biar ngga rusak telurnya.
  2. Goreng telur dan baso ikan dalam minyak goreng dengan api sedang sampai kulitnya kecoklatan. Sisihkan.
  3. Haluskan bawang merah dan bawang putih dengan food processor. Sisihkan. Haluskan juga cabe merah, sisihkan. Tomat dipotong kotak2 kecil 0.5 cm.
  4. Panaskan 3 sdm minyak goreng di wajan. Tumis bawang merah dan bawang putih, lalu masukkan cabe merah. Setelah harum, masukkan tomat.
  5. Masukkan santan, biarkan sampai agak menyusut. Tambahkan gula, garam, merica, lengkuas, daun salam. Aduk rata.
  6. Terakhir, masukkan telur dan baso ikan. Aduk rata. Sajikan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s